MACRO'SPHY

“Roh di kakimu berkata ‘pergi’, dan saya pergi” –Matthew Brady

©tiyerreysgallery 12:08:2013/06:17/Jember
Cobalah untuk tidak menggunakan ISO tinggi. Jika alat yang anda pergunakan tidak memungkinkan mendapatkan perbesaran yang “wah”, dan berniat melakukan perbesaran dengan cara cropping, cobalah untuk tidak menggunakan ISO terlalu tinggi. ISO yang terlalu tinggi akan menimbulkan grain pada hasil foto, terlebih ketika anda melakukan cropping. Grain juga cenderung mengurangi ketajaman foto (grain adalah titik buran yang dihasilkan oleh foto).

©tiyerreysgallery 27:01:2013/09:20/Jember
Pastikan kamera tidak shake/goyang. DoF yang sempit pada foto makro berdampak pada susahnya untuk melakukan fokus pada objek. Sedikit guncangan saja, maka fokus dipastikan dapat meleset. Untuk mengatasi ini, pastikan kamera tidak mengalami shake ketika akan melakukan eksekusi. Anda dapat menggunakan tripod jika ingin. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan speed tinggi diatas 1/125. Hal ini juga berguna untuk mengantisipasi pergerakan serangga.

©tiyerreysgallery 07:07:2013/09:50/Gunung Bromo, Probolinggo
Gunakan bantuan cahaya lampu flash. Foto makro yang dihasilkan dengan cahaya alami tentu saja sangat baik. Jika anda tidak memiliki external flash, anda dapat menggunakan internal flash pada kamera.

©tiyerreysgallery 30:09:2013/14:11/Surabaya
Cobalah untuk selalu menggunakan manual fokus. Untuk mendapatkan perbesaran maksimal, cobalah untuk selalu menggunakan manual fokus. Caranya, setting lensa anda pada manual fokus, dan gunakan titik fokus terdekat. Lalu temukan fokus yang tepat dengan memaju-mundurkan lensa di depan objek hingga mendapatkan fokus yang pas.(*https://id.wikipedia.org/wiki/Fotografi_makro)

©tiyerreysgallery 18:09:2012/17:02/Surabaya
Jika kalian ingin melihat hasil karya foto-foto macro, maka kalian bisa melihatnya di situs internasional seperti 500px, 1px, dan situs lainnya. Disana terdapat banyak sekali karya macro photography, dan yang terpenting adalah para fotografer macro itu sendiri.

Postingan populer dari blog ini

TABITA ADINDA

MOMO