STATUE

©tiyerreysgallery 25/11/2012/‏‎16:30:20/Malang
Makna denotatif still life adalah alam benda. Arti lainnya adalah benda mati. Sedangkan dalam bahasa ilmu alam, biasa digunakan benda anorganik. Dalam fotografi, lebih familier dengan istilah foto objek benda mati. Namun tidak digunakan istilah fotografi benda diam. Sebab, benda mati bisa diam atau bergerak. Fotografi bidang itu meliputi pemotretan produk, seperti jam tangan, perhiasan emas maupun berlian, peralatan elektronik, serta peralatan kantor.
Foto tersebut merupakan still life diam, tak bergerak. Selain itu, kini ada yang lebih populer dengan memainkan benda still life bergerak. Misalnya tetesan air yang membentuk butiran, gelombang air, benturan dua bohlam, maupun benda yang dilemparkan dan difoto dalam keadaan freezing. Untuk visualisasi dalam fotografi still life, kekuatan foto terletak pada kemampuan mengomposisikan elemen dan kepiawaian mengatur cahaya serta penggunaan teknik fotografi yang lain.(*Book; Abdi, Yuyung. 2012. Photography From My Eyes. Jakarta: Gramedia)

Diambil ketika berjalan-jalan disekitaran Selecta. Pada tahun 2012. Melihat objek yang menarik, langsung saja saya abadikan dengan kamera saya. Terkadang, ada beberapa objek yang saya nikmati dengan memandanginya, dan terkadang ada beberapa objek yang memang spesial untuk diabadikan.
Banyak yang berprasangka objek patung yang saya ambil ini adalah anak kecil yang sedang memakai kostum dan berpura-pura menjadi patung. Saya hanya tertawa saja, ketika saya menyuruh mereka untuk terus memandangi gambar tersebut, akhirnya mereka sadar kalau objek yang ada difoto saya bukanlah anak kecil yang sedang berakting menjadi patung melainkan patung yang sebenarnya.
Foto ini bisa masuk ke dalam genre still life, maupun architecture karena patung ini memiliki nilai seni yang tinggi. Disamping sebagai patung penyambut tamu di Selecta, patung ini juga indah. Karena ada bagian-bagian dari patung ini yang memiliki detail seperti layaknya anak kecil. Terutama terletak pada bagian wajahnya. Mata, hidung, dan bibir serta giginya yang tersungging dibalik senyuman patung anak kecil tersebut.(*tiyerreys)

Postingan populer dari blog ini

TABITA ADINDA

MOMO

MACRO'SPHY