FASHION'SPHY

©tiyerreysgallery 16:05:2015/16:12/Rooftop Grand City, Surabaya
Antara fashion photography dengan model photography saling berkaitan. Namun kedua jenis foto tersebut memberi ekstensi berbeda. Model photography lebih menitikberatkan pada wajah dan lekuk tubuh model. Sedangkan fashion photography punya aksentuasi ke arah busana. Tapi kedua-duanya saling membutuhkan antara satu dengan yang lain.(*Book; Abdi, Yuyung. 2012. Photography From My Eyes. Jakarta: Gramedia)

©tiyerreysgallery 18:10:2012/20:07/Jatim Expo, Surabaya
Dunia mode memang tidak bisa terlepas dari desainer, fotografi, dan media. Peranan fotografi memang lebih terlihat pada stage dalam acara fashion show.
Fashion telah dibedakan dua area, yaitu (1) fashion di panggung dan (2) fashion di luar panggung. Fashion di panggung atau area yang punya ketersediaan catwalk. Yang sekarang sedang berkembang adalah fashion di luar panggung.

©tiyerreysgallery 06:08:2014/21:06/Studio Diana Deepod, Surabaya
Karena itu membuat karya foto fashion itu membutuhkan ide, konsep, tata lighting, dan pilihan lokasi. Tentu membutuhkan waktu dan pemikiran yang lebih dalam, baik dilakukan di outdoor maupun indoor.

©tiyerreysgallery 15:06:2014/16:20/Taman Angsa, Surabaya
(Edited kolaborasi dengan Nurman Nay)
Sebenarnya fashion erat dengan busana yang dikenakan orang. Pakaian yang dikenakan seseorang kadang tidak bisa terhindar dari penilaian orang. Nilai kepribadiannya muncul dari sikap yang ditunjukkan serta penampilannya pula. Busana sebagai status sosial menumbuhkembangkan fashion dan fotografi fashion.

©tiyerreysgallery 15:01:2015/16:23/Gedung Tua, Sidoarjo
Fotografi tentang fashion selalu berhubungan dengan tren dan gaya hidup bagi penampilan identitas pemakainya. Fashion sengaja dirancang untuk menarik perhatian bagi orang yang memandangnya. Aneka busana memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda bagi pemakainya. Busana terdiri dari resmi, pesta, adat, busana dansa, kostum penari, busana kerja, busana keagamaan, pakaian seragam sekolah, pengantin, maupun kasual.

©tiyerreysgallery 16:05:2015/15:47/Rooftop Grand City, Surabaya
Busana kerja kantor biasanya terdiri atas blazer, jas dan dasi, kebaya sebagai busana budaya, blus yang terdiri dari lengan panjang dan lengan pendek. Busana yang memperlihatkan lengan lebih serasi dikenakan individu maupun yang mempunyai lipatan ketiak bersih dan tidak hitam.

©tiyerreysgallery 29:07:2015/17:19/Rooftop Delta Plaza, Surabaya
Selain itu, ada juga gaun panjang, sweater, long sleeve sweater, miniskirt, rok mini, hot pants, short pants, kulot, kemeja, baju kerja, sackdress, long skirt, rompi, maupun mantel. Ada pula tank top, busana fitted body, gaya busana two pieces atau one pieces.

©tiyerreysgallery 16:05:2015/16:45/Rooftop Grand City, Surabaya
Bermacam aksesori digunakan dalam menunjang kebutuhan fashion photography. Mulai tas tangan, ikat pinggang, sarung tangan, stocking atau kaus kaki, pashmina, gelang, kalung, anting-anting, jam tangan. Barang-barang tersebut dikenakan orang untuk mengungkapkan sisi lain manusia yang menonjolkan gaya hidup.(*Book; Abdi, Yuyung. 2012. Photography From My Eyes. Jakarta: Gramedia)

Postingan populer dari blog ini

TABITA ADINDA

MOMO

MACRO'SPHY